A. PERANGKAT KERAS
(HARDWARE)
- Adalah komponen fisik komputer yang terdiri dari rangkaian elektronika dan peralatan mekanis lainnya.
- Pada abtraksi tingkat tinggi, Sistem Komputer terdiri dari empat komponen, yaitu :
- Pemroses (Processor)
- Memori Utama (Main Memory)
- Perangkat masukan dan keluaran (I/O Device)
- Interkoneksi antar komponen (user interface, device controler)
I. PROCESSOR
- Pemroses bisa juga disebut CPU (Central Processing
Unit).
- Pemroses merupakan jantung dari komputer.
- Pemroses berfungsi mengendalikan operasi
komputer dan melakukan fungsi pemrosesan data.
- Pemroses menghitung, melakukan operasi logic
dan mengelola aliran data dengan membaca
instruksi dari memori dan mengeksekusinya.
- Operasi-operasi di komputer dapat dikategorikan
menjadi tiga tipe, yaitu:
- Operasi aritmatika
Contoh penambahan, pengurangan, perkalian,
pembagian dan Sisa Bagi (Div).
- Operasi logika
Contoh operasi OR, AND, X-OR, inversi dan sebagainya.
- Operasi pengendalian
Contoh operasi percabangan, looping dan sebagainya.
- Komponen komputer yang bertugas untuk
mengolah data dan melaksanakan berbagai
perintah.
- Pemroses terdiri dari :
- Bagian ALU (Aritmatic Logic Unit) untuk komputasi,
berupa operasi-operasi aritmatika dan logika.
- Bagian CU (Control Unit) untuk pengendalian operasi
yang dilaksanakan sistem komputer.
- Register-register, Berfungsi membantu pelaksanaan
operasi yang dilakukan pemroses. Register-register
berfungsi sebagai memori sangat cepat yang
biasanya sebagai tempat operan-operan dari operasi
yang akan dilakukan.
II. MEMORY UTAMA
- Merupakan elemen yang penting dari suatu
komputer yang digunakan sebagai penyangga data
dan instruksi program untuk digunakan oleh
prosesor.
- Tugas utama adalah menampung pekerjaan pada
saat sebelum dan sesudah pekerjaan itu
dilaksanakan oleh processor dan menampung
berbagai hal yang diperlukan processor.
- Contoh Memory Utama untuk memory tetap
adalah ROM.
- Sedangkan Memory Utama untuk Memory Bebas
adalah RAM.
- Berdasarkan Pengaksesannya, memory utama
terbagi menjadi dua yaitu :
III. O/I DEVICE
- Input/Output Device merupakan penghubung perangkat luar dengan komputer,
- Contoh input komputer :
- mouse
- keyboard
- touchpad
- joystick
- webcam
- microphone
- Contoh output komputer :
- monitor
- printer
- proyektor
- speaker
- Perangkat masukan/keluaran terdiri dua bagian,
yaitu :
- Komponen mekanik, yaitu perangkat itu sendiri
- Komponen elektronik, yaitu pengendali
perangkat berupa chip controller
IV. INTERKONEKSI ANTAR KOMPONEN
- Interkoneksi antar komponen adalah struktur dan mekanisme yang menghubungkan antara CPU, main memory, perangkat masukan dan keluaran.
- Interkoneksi antar komponen disebut
galur/jalur (bus) yang terdapat pada mainboard,
bus terdiri dari tiga macam :
- Bus alamat (address bus), satu arah. 16,20,24
jalur sinyal paralel atau lebih. CPU mengirim alamat lokasi memori atau port yang ingin ditulis atau dibaca di bus ini. Jumlah lokasi memori yang dapat dialamati ditentukan jumlah jalur alamat. Jika CPU mempunyai N jalur alamat maka dapat mengalamati 2 pangkat N (2N) lokasi memori dan/atau port secara langsung.
- Bus data (data bus), dua arah. 8,16,32 jalur sinyal pararel atau lebih. Jalur-jalur data adalah dua arah. CPU dapat membaca dan mengirim data dari/ke memori atau port. Banyak perangkat pada sistem yang dihubungkan ke bus data tetapi hanya satu perangkat pada satu saat yang dapat memakainya.
- Bus kendali (control bus), dua arah. 4-10 jalur, CPU mengirim sinyal pada bus kendali untuk memerintahkan memori atau port.
- Signal bus kendali antara lain: memori read,
memori write, I/O read, I/O write.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar